Cara Memperluas Jaringan Komputer dengan Menggunakan Network Switch

Bagaimana Cara Memperluas Jaringan Komputer? Itulah masalah utamanya yang akan kita bahas. Salah satu cara membangun jaringan komputer yang besar adalah dengan menggunakan hub. Apakah ada pilihan lain yang lebih baik? Artikel ini akan memandu Anda bagaimana cara memperluas jaringan komputer dengan menggunakan switch jaringan.

Katakanlah Anda memiliki jaringan di rumah yang ditunjukkan seperti di bawah ini. Router hanya mempunyai 4 port Ethernet LAN. 2 port yang terhubung ke komputer dan 1 port terhubung ke notebook. Anda kemudian masih memiliki 1 komputer dan 1 notebook yang harusnya terhubung ke jaringan, tetapi Anda hanya tersisa 1 Ethernet LAN port pada router, jadi bagaimana untuk menghubungkan kedua perangkat ke jaringan dan memecahkan masalah ini?
 
Solusinya mudah. Anda dapat menggunakan switch jaringan untuk memecahkan masalah ini. Ini adalah perangkat yang menghubungkan beberapa komputer dalam jaringan komputer, dan komputer-komputer yang terhubung dapat berkomunikasi satu sama lain. Saklar ini biasa digunakan cara memperluas jaringan komputer kabel dan berita baiknya adalah alat ini tidak mahal.
Ada 4-port, 8-port, 16-port atau 32-port switch yang tersedia di pasar. Ethernet yang dapat didukung oleh switch ini adalah 10Mbps, 100Mbps atau 1000Mbps. Biasanya switch 100Mbps akan cukup untuk mendukung jaringan sederhana kecuali Anda menggunakan jaringan Gigabit (1000Mbps).
Inilah yang perlu Anda lakukan: Membeli switch dan menghubungkan port Ethernet LAN dari router ke salah satu port normal pada switch jaringan dengan menggunakan kabel crossover. Jika ada uplink port pada switch, Anda dapat terhubung ke router port LAN Ethernet menggunakan kabel stright, tetapi biasanya ini tidak tersedia bagi switch entry level.
Setelah itu, Anda dapat menghubungkan komputer dan notebook denga port switch dengan normal dan menggunakan kabel stright, akhirnya mereka semua terhubung ke jaringan dan dapat mengakses Internet. Lampu LED pada switch akan menampilkan port yang terhubung. Silakan baca manual switch untuk tahu lebih banyak tentang cara kerjanya juga.
  
Demikianlah Cara Memperluas Jaringan Komputer dengan Menggunakan Network Switch semoga bermanfaat bagi anda.

sumber : qbonnk.net

One Response so far.

  1. Unknown says:

    Terimakasih penjelasannya sangat bermanfaat dan membantu..

    Jangan lupa kunjungi
    http://www.atmaluhur.ac.id/

Leave a Reply