Tips/Cara Menjaga Keamanan Wifi

Menurut saya Menjaga Keamanan Wifi adalah penting. Dunia teknologi informasi yang semakin bergerak ke arah komunikasi nirkabel, khususnya di rumah warga rata-rata. Ada keuntungan yang sangat jelas yaitu tidak harus berurusan dengan kabel, namun kelemahan ekstrim adalah Menjaga Keamanan Wifi. Paket-paket Ethernet disebarkan melalui udara. Jika Anda melakukan transaksi uang online, dan Anda tidak mengamankan jaringan wifi, Anda meminta seseorang untuk mencuri dan memanipulasi informasi keuangan Anda.

Mengapa harus Keamanan Wifi
Ide dasar dibalik Keamanan Wifi adalah enkripsi. Sebuah rumus matematika, atau algoritma, diterapkan pada data untuk membuat apa yang disebut cyphertext. Agar mesin penerima dapat mendekripsi data, nilai-nilai tertentu harus diterapkan pada algoritma untuk mendekripsi data dengan akurat. Istilah-istilah ini biasanya disebut sebagai key. Semakin panjang key, semakin aman enkripsi.
Jenis Keamanan Wifi
Tiga jenis dasar dari enkripsi yaitu Wired Equivalent Privacy (WEP), Wi-Fi Protected Access (WPA), dan WPA2. WEP adalah algoritma yang pertama kali diperkenalkan ke jaringan Wifi, dan untuk waktu yang lama merupakan pilihan keamanan utama. Karena ini merupakan teknologi lama, sangat mudah bagi seorang hacker yang berpengalaman untuk melakukan crack ke dalam jaringan berjalan pada WEP.
Disarankan bahwa setidaknya anda menggunakan WPA, WPA2 yang jauh lebih baik. WPA2 menutupi kelemahan WPA. Nama enkripsi mengacu pada jenis algoritma yang digunakan. Untuk mengatur keamanan Wifi, ini adalah pengaturan yang direkomendasikan.
  1. Pertama, Anda harus mengaktifkan penyaringan alamat MAC di router, dan masukan alamat MAC berbagai NIC yang diizinkan masuk jaringan Anda.
  2. Kedua, nonaktifkan broadcast SSID. SSID pada dasarnya menyebarkan nama jaringan Anda, karena itu membuat lebih mudah untuk terhubung ke jaringan. Jika pilihan ini dimatikan, satu-satunya cara untuk terhubung ke jaringan adalah dengan manual input nama jaringan ke dalam komputer.
  3. Akhirnya, langkah ketiga adalah enkripsi WPA2. Cukup mudah untuk membuat WPA2, karena berjalan off passphrase. Kata sandi dikirim melalui algoritma terpisah yang menghitung key yang yang diperlukan untuk mengenkripsi dan mendekripsi data. Dianjurkan untuk membuat phrase kalimat sandi sebagai password. Sandi yang kuat memiliki huruf kapital dan huruf kecil, setidaknya enam karakter, dan menggunakan simbol-simbol dan angka.
Jika Anda mengikuti langkah-langkah Menjaga Keamanan Wifi ini, jaringan Anda akan dijamin di berbagai tingkatan, dan akan mengamankan data Wifi Anda.

One Response so far.

  1. Terimakasih penjelasannya sangat bermanfaat dan membantu..

    Jangan lupa kunjungi
    http://www.atmaluhur.ac.id/

Leave a Reply