Apa yang dimaksud dengan MAC Address Dan Fungsinya

Apa Pengertian MAC Address Dan apa Fungsinya? Sebuah Media Access Control address atau MAC address adalah sebuah kode unik yang diberikan untuk setiap bagian dari perangkat keras yang terhubung ke Internet. Internet capable phones, Network Interface Cards untuk komputer desktop atau notebook, Wireless Access Cards, dan bahkan beberapa kartu memori adalah salah satu perangkat yang bertugas pada MAC Address.

Ketika produsen menciptakan perangkat keras jaringan, maka mereka akan menetapkan MAC Address yang biasanya akan dimulai dengan kode yang terkait dengan produsen. MAC Address akan menjadi unik untuk setiap perangkat, bahkan dua perangkat dari jenis yang sama. Sebuah perangkat MAC Address terdiri dari enam pasang angka heksadesimal. Angka-angka yang dipisahkan oleh dua titik seperti pada contoh berikut: 6E:51:F5:c1:11:00
Pengertian MAC Address digunakan pada lapisan data link dari model OSI hardware untuk memungkinkan paket data dapat dikirimkan secara langsung antar perangkat pada jaringan. Hal ini membantu untuk memastikan bahwa data dikirim ke perangkat fisik sebelum diterjemahkan dan/atau dimanipulasi oleh perangkat.
Pengertian MAC Address adalah sama dengan alamat IP perangkat yang juga menjamin setiap perangkat adalah unik dan memungkinkan data melewati perangkat keras. Alamat IP memungkinkan dua perangkat untuk berkomunikasi di lingkungan LAN atau jaringan, biasanya alamat IP juga harus unik dan akan memungkinkan pertukaran data.
Setelah ditetapkan, Pengertian MAC Address digunakan untuk memastikan bahwa setiap perangkat yang terhubung ke LAN atau jaringan lainnya adalah unik. Dengan kemajuan terbaru dalam teknologi jaringan nirkabel, MAC Address dari kartu nirkabel dapat dimasukkan ke dalam halaman konfigurasi router jaringan nirkabel. Dari sana router dapat mengizinkan atau menolak perangkat untuk menghubungkan diri berdasarkan MAC Address-nya. Hal ini dapat memberikan keamanan tambahan untuk jaringan. Banyak orang yang menggunakan perangkat jaringan yang terhubung tidak akan pernah memerlukan MAC Address untuk menggunakan perangkat. MAC Address biasanya dapat ditemukan pada stiker yang terpasang di badan perangkat. Jika perangkat portabel, MAC Address dapat dicetak di dalam wadah baterai.

3 Responses so far.

  1. lalu,bagaimana cara mengghitung MAC address nya kak?

  2. Unknown says:

    Terimakasih penjelasannya sangat bermanfaat dan membantu..

    Jangan lupa kunjungi
    http://www.atmaluhur.ac.id/

  3. trimakasih artikelnya sangat membantu dan jagn lupa kunjunngi website kami http://www.atmaluhur.ac.id/

Leave a Reply