Pengertian HTML & CSS


Pengertian HTML & CSS.HTML (Hypertext Markup Language) dan CSS (Cascading Style Sheets) adalah dua teknologi inti untuk membangun halaman Web. HTML menyediakan struktur halaman, CSS tata letak (visual dan aural), untuk berbagai perangkat. Seiring dengan grafis dan scripting, HTML dan CSS merupakan dasar dari membangun halaman Web dan Aplikasi Web. Pelajari lebih lanjut di bawah tentang:
Apa itu HTML?
HTML adalah bahasa untuk mendeskripsikan struktur halaman Web. HTML memberikan penulis sarana untuk:
Publikasikan dokumen online dengan judul, teks, tabel, daftar, foto, dll
Mengambil informasi secara online melalui link hypertext, di klik tombol.
Desain bentuk untuk melakukan transaksi dengan layanan remote, untuk digunakan dalam mencari informasi, melakukan pemesanan, pemesanan produk, dll
Sertakan menyebar-lembar, klip video, klip suara, dan aplikasi lainnya secara langsung dalam dokumen mereka.
Dengan HTML, penulis menggambarkan struktur halaman menggunakan markup. Unsur-unsur dari potongan-potongan bahasa label konten seperti "ayat" daftar "," "tabel", dan sebagainya.
Apakah XHTML?
XHTML adalah varian dari HTML yang menggunakan sintaks XML, Extensible Markup Language. XHTML memiliki semua elemen yang sama (paragraf, dll) sebagai varian HTML, tetapi sintaks yang sedikit berbeda. Karena XHTML merupakan aplikasi XML, Anda dapat menggunakan tools XML lain dengan itu (seperti XSLT, bahasa untuk mentransformasikan isi XML).
Apa itu CSS?
CSS adalah bahasa untuk mendeskripsikan penyajian halaman Web, termasuk warna, tata letak, dan font. Ini memungkinkan seseorang untuk beradaptasi presentasi untuk berbagai jenis perangkat, seperti layar besar, layar kecil, atau printer. CSS adalah independen dari HTML dan dapat digunakan dengan bahasa markup berbasis XML. Pemisahan HTML dari CSS membuat lebih mudah untuk menjaga situs, style sheet berbagi di halaman, dan halaman khusus untuk lingkungan yang berbeda. Hal ini disebut sebagai pemisahan struktur (atau: content) dari presentasi.
Apa Webfonts?
Webfonts adalah teknologi yang memungkinkan orang untuk menggunakan font pada permintaan melalui Web tanpa memerlukan instalasi di sistem operasi. W3C memiliki pengalaman dalam font didownload melalui HTML, CSS2 dan SVG. Sampai saat ini, font download belum umum di Web karena tidak adanya format font interoperable. Upaya Webfonts berencana ke alamat tersebut melalui penciptaan industri-format yang didukung, font terbuka untuk Web (disebut "WOFF").
Contoh
Contoh yang sangat sederhana berikut sebagian dari dokumen HTML menggambarkan cara membuat link dalam sebuah paragraf. Bila ditampilkan di layar (atau oleh speech synthesizer), link teks akan "laporan akhir"; ketika seseorang mengaktifkan link tersebut, browser akan mengambil sumber daya diidentifikasi dengan "http://www.example.com/report" :
class="moreinfo"> <p Untuk informasi lebih lanjut lihat
<a href="http://www.example.com/report"> laporan akhir </ a> </ p>.
Atribut class pada tag awal ayat itu ("<p>") dapat digunakan, antara hal lain, untuk menambah gaya. Sebagai contoh, untuk memiringkan teks dari semua paragraf dengan kelas "moreinfo," orang bisa menulis, dalam CSS:
p.moreinfo {font-style: italic}
Dengan menempatkan aturan bahwa dalam file terpisah, gaya dapat dipergunakan bersama oleh sejumlah dokumen HTML.
Informasi Selengkapnya
Untuk informasi lebih lanjut tentang HTML dan CSS, lihat tutorial untuk HTML dan CSS.
Untuk transformasi dokumen canggih dan tata letak di luar CSS, lihat XSLT & XSL-FO.

3 Responses so far.

  1. Anonymous says:

    tankyu sharenya,,,!!
    Lanjutkan !

  2. Unknown says:

    Terimakasih penjelasannya sangat bermanfaat dan membantu..

    Jangan lupa kunjungi
    http://www.atmaluhur.ac.id/

Leave a Reply