Bagaimana Cara Menggunakan Multi Router Pada Jaringan Komputer

Bagaimana Cara Menggunakan Multi Router Pada Jaringan Komputer? Menggunakan beberapa router di jaringan komputer adalah tidak sulit, sehingga off-kan saja setting router nirkabel lama dan tempatkan mereka bersama-sama guna memperluas jangkauan WiFi di seluruh rumah Anda. Jika Anda memiliki koneksi utama di lantai pertama dan mengalami masalah mencapai sudut jauh dari tingkat kedua atau bahkan ruang bawah tanah. Cara Menggunakan Multi Router Pada Jaringan Komputer yang terbaik adalah dengan kabel ethernet dari port Ethernet pada router pertama ke router kedua. Ini mungkin memerlukan bentangan melalui dinding dan langit-langit atau lantai, tapi jika Anda meluangkan waktu dan mengerjakannya dengan baik, anda akan menikmati broadband kecepatan tinggi di seluruh rumah/kantor. Anda juga dapat mengkonfigurasi router kedua dengan menghubungkan tanpa kabel dengan yang pertama dan bertindak sebagai repeater ke dunia luar, tetapi sulit dan dapat mengakibatkan kualitas sinyal turun.

Cara Menggunakan Multi Router Pada Jaringan Komputer Anda
Mose internet setup akan memiliki modem dan router dari beberapa jenis. Kadang-kadang router dibangun ke dalam modem. Bagian belakang router akan memiliki beberapa port untuk beberapa PC. Router adalah pintu gerbang untuk jaringan internal dan akan menyediakan alamat IP untuk komputer jika di-setup sebagai server DHCP karena kebanyakan setting ini adalah secara default.
Anda harus menjalankan line tambahan dari router ini ke sudut terjauh dari rumah. Meskipun Anda memiliki dinding terbuka, pertimbangkan untuk menjalankan kabel ke ruang bawah tanah juga, untuk pengembangan masa depan jaringan Anda.
Setelah kabel dijalankan, Anda perlu memasang colokan Ethernet di ujungnya dan memasangnya ke router utama. Agar router kedua bekerja sebagai titik akses WiFi, Anda harus menonaktifkan beberapa fitur router. Untuk melakukan ini, login ke router melalui komputer yang terhubung langsung ke melalui kabel. Buka web browser dan ketik alamat, yang dijadikan alamat default seperti 192.168.1.1 atau 192.168.0.1-Anda mungkin perlu melihat default alamat IP internal router untuk memastikan.
  1. Disable DHCP. Setelah masuk ke panel kontrol router, cari pengaturan DHCP dan nonaktifkan. Kami tidak ingin router kedua bertindak sebagai server DHCP pada PC, karena hal ini pasti akan menimbulkan kebingungan jika kedua router menyediakan IP pada jaringan.
  2. Tetapkan Static IP Address. Atur router agar memiliki alamat IP statis. Tentukan range dari IP addresses yang ditunjuk sebagai router utama dan router kedua dengan memberikan alamat IP statis lebih tinggi jangkauannya. Misalnya, jika router Anda memberikan range alamat IP antara 192.168.1.1 dan 192.168.1.100, pertimbangkan menempatkan router kedua pada IP seperti 192.168.1.90. Pastikan untuk mengatur Gateway untuk mencocokkan alamat internal dari router primer (mungkin seperti 192.168.1.1). Router kedua perlu tahu ini sehingga komputer yang terhubung dapat mencapai dunia luar.
  3. Tetapkan SSID. SSID adalah nama yang mengidentifikasi router. Jika router seseorang bernama Home1, pertimbangkan menyebut Home2 router kedua agar tetap sederhana.
Setelah pengaturan jaringan selesai semua, Anda dapat mulai menggunakan beberapa router ini. Router baru harus muncul ke komputer nirkabel di daerah tersebut. Demikian Cara Menggunakan Multi Router, semoga bermanfaat.

One Response so far.

  1. Unknown says:

    Terimakasih penjelasannya sangat bermanfaat dan membantu..

    Jangan lupa kunjungi
    http://www.atmaluhur.ac.id/

Leave a Reply